Memberikan Seputar Informasi Tentang Pelajaran dan Tutorial

Pengertian dan Pemahaman Tentang Bangsa dan Negara

Pengertian dan Pemahaman Tentang Bangsa dan Negara - Bangsa atau dalam bahasa inggris Nation adalah kesatuan tekad rakyat untuk hidup bersama mencapai cita - cita dan tujuan bersama, terlepas dari perbedaan suku, ras, etnik, golongan, agama, budaya.

Pengertian Bangsa dan Negara


Istilah Bangsa sendiri memiliki berbagai makna dan pengertian yang berbeda namun inti dari beberapa pengerian bangsa hampir sama yaitu menitikberatkan untuk mencapai tujuan bersama terlepas dari suatu perbedaan. Berikut adalah beberapa pengertian Bangsa menurut para ahli.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

1. Ernest Renan (1823 - 1892)

Bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki satu kehendak sehingga merasa dirinya satu.

Ia menitikberatkan faktor utama yang menimbulkan suatu bangsa adalah kehendak masing - masing warga negara untuk membentuk suatu bangsa.

2. Otto Bauer (1881 - 1934)

Bangsa adalah persatuan karakter atau sifat yang timbul karena persamaan nasib.

Pengertian ini menitikberakan pengertian bangsa dari karakter, sikap dan perilaku yang menjadi jati diri bangsa dengan bangsa lain. karakter ini dapat terbentuk karena dengan pengalaman sejarah dan budaya yang tumbuh bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa.

Pengertian bangsa menurut hukum adalah rakyat atau kelompok orang yang berada di dalam suatu masyarakat hukum yang terorganisasi. Kelompok orang satu bangsa ini pada umumnya menempati atau menduduki wilayah tertentu, berbicara dalam bahasa yang sama ( meskipun dalam bahasa - bahasa daerah ), memiliki sejarah, kebudayaan dan kebiasaan yang sama, dan terorganisasi dalam suatu pemerintahan yang berdaulat. 

Jadi keismpulan dari pengertian diatas bahwa bangsa adalah sekelompok orang yang berada dalam satu wilayah yang memiliki kesamaan bahasa, kebudayaan, kebiasaan, sejarah dan pemerintahan.

Setelah mengetahui tentang pengertian Bangsa sekarang tinggal mempelajari apa itu Negara.

Pengertian Negara

Pengertian Negara menurut Mahfud, 2001

Negara adalah suatu organisasi tertinggi diantara sekelompok atau beberapa kelompok msyarakat yang mempunyai cita - cita untuk bersatu, hidup di dalam daerah tertentu dan mempunyai pemerintahan daerah yang berdaulat.

Pengertian Negara menurut Lemhannas, 2001

Negara adalah suatu perserikatan yang melaksanakan suatu pemerintahan melalui hukum yang mengikat masyarakat dengan kekuasaan untuk memaksa dalam suatu wilayah masyarakat tertentu yang membedakan dengan kondisi masyarakat dunia luar untuk ketertiban sosial.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Pengertian dan Pemahaman Tentang Bangsa dan Negara"

Back To Top