Memberikan Seputar Informasi Tentang Pelajaran dan Tutorial

Karakter Dan Sikap Seorang Wirausahawan

Karakter Dan Sikap Seorang Wirausahawan - Seorang wirausahawan harus mempunyai sikap kreatif, percaya diri, dan inisiatif.

Karakter dan Sikap Kewirausahaan


Ciri-ciri seorang wirausahawan adalah :

1. Percaya Diri

Dengan percaya diri, dapat mempengaruhi gagasan, inisiatif, kreativitas, keberanian, ketekunan, keberhasilan, dan semangat kerja. Kunci keberhasilan dalam bisnis adalah dapat memahami diri sendiri. Oleh karena itu, seorang wirausahawan yang sukses adalah wirausahawan yang memiliki sikap percaya diri.

2. Keberanian dalam Mengambil Resiko

Seorang wirausahawan adalah orang yang lebih menyukai usaha-usaha yang lebih menantang demi mencapai kesuksesan atau kegagalan daripada usaha yang kurang menantang. Seorang wirausahawan yang sukses bukanlah orang yang berani mengambil resiko saja, namun juga dapat mengelola suatu resiko menjadi peluang.

3. Memiliki Sifat Kepemimpinan

Seorang wirausahawan harus memiliki sikap kepemimpinan, kepeloporan dan keteladanan. Selalu menampilkan berbagai produk dan jasa-jasa baru dan berbeda, sehingga bisa menjadi pelopor, baik dalam proses produksi maupun pemasaran.

4. Berorientasi ke Masa Depan

Seorang wirausahawan harus memiliki perspektif dan pandangan ke masa depan. Kuncinya adalah dengan kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang ada sekarang.

5. Kreativitas dan Inovatif

Seorang wirausahawan yang inovatif adalah seorang yang tidak pernah merasa puas terhadap suatu karya buatan sendiri meskipun sudah cukup baik, selalu menuangkan imajinasi dalam pekerjaannya dan selalu ingin tampil berbeda dari yang lain dan selalu memanfaatkan perbedaan.

6. Berorientasi ke Hasil

Seorang yang selalu mengutamakan tugas atau hasil adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan, dan kerja keras. Dalam kewirausahaan peluang hanya diperoleh apabila ada inisiatif.

Selain itu, syarat untuk menjadi seorang wirausahawan yang berhasil adalah :

1. Memiliki Sikap Mental yang Positif

Maksudnya yaitu memiliki kesiapan diri dalam menghadapi semua kemungkinan yang akan terjadi tanpa ada rasa takut yang memungkinkan dapat menjadikan suatu hal yang buruk.

2. Memiliki Keahlian di Bidangnya (Profesi)

Seorang wirausahawan harus memiliki suatu keahlian.

3. Mempunyai Daya Pikir yang Positif

Maksudnya yaitu mengharapkan suatu hasil yang baik serta menguntungan.

4. Mencoba Hal-Hal yang Baru

Maksudnya yaitu membuat suatu produk baru yang berbeda dari yang ada sekarang dan memiliki nilai jual yang tinggi.

5. Memiliki Semangat Juang dan Komitmen yang Tinggi

Dalam melakukan sesuatu, harus dilakukan secara matang atau dengan kata lain tidak setengah-setengah, dan juga tidak mudah menyerah apabila mengalami suatu kegagalan.

6. Mampu Mengantisipasi Berbagai Resiko

Maksudnya adalah dapat mengatasi suatu resiko yaitu dengan cara ketelitian, ketekunan, dan kreatifitas.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Karakter Dan Sikap Seorang Wirausahawan"

Back To Top