Memberikan Seputar Informasi Tentang Pelajaran dan Tutorial

Bentuk Pemerintahan Republik

Bentuk Pemerintahan Republik - Bentuk pemerintahan adalah suatu istilah yang merujuk pada rangkaian institusi politik yang digunakan untuk mengorganisasikan suatu negara guna menegakankekuasaannya atas suatu komunitas politik.

Bentuk Pemerintahan Republik


Bentuk-Bentuk Pemerintahan Republik

1. Aristokrasi

Aristokrasi berasal dari bahasa Yunani Kuno, Aristo yang berarti terbaik dan Kratia yang berarti untuk memimpin. Dengan demikian, Aristokrasi adalah sistem pemerintahan yang dipimpin oleh individu yang terbaik.

2. Oligarki

Oligarki adalah bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya secara efektif dipegang oleh kelompok elit kecil dari masyarakat, baik dibedakan menurut kekayaan, keluarga atau militer.

3. Demokrasi

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani Kuno, Demos yang artinya rakyat dan Kratos / Cratein yang berarti pemerintahan, jadi Demokrasi adalah bentuk atau sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.

4. Otokrasi

Otokrasi berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu Autokrator yang berarti berkuasa sendiri. Otokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya dipegang oleh satu orang.

5. Monarki

Monarki adalah sebuah dukungan terhadap pendirian, pemeliharaan, atau pengembalian sistem kerajaan sebagai sebuah bentuk pemerintahan dalam sebuah negara.

6. Emirat

Emirat adalah sebuah wilayah yang dipimpin oleh seorang Emir. Contoh Uni Emirat Arab yang merupakan sebuah negara yang terdiri dari 7 emirat federal yang masing-masing diperintah oleh seorang Emir.

7. Plutokrasi

Plutokrasi adalah sistem pemerintahan yang mengacu pada suatu kekuasaan atas dasar kekayaan yang mereka miliki.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Bentuk Pemerintahan Republik"

Back To Top