Memberikan Seputar Informasi Tentang Pelajaran dan Tutorial

Pengertian Karya Seni Rupa

Pengertian Karya Seni Rupa - Seringkali kita tidak menyadari bahwa benda-benda yang dekat dengan aktivitas kita sehari-hari adalah karya seni rupa. Berbagai karya seni rupa di sekeliling kita, memiliki banyak macam ragamnya. Walaupun demikian, karya seni rupa dapat digolongkan berdasarkan Dimensi dan Fungsi.

Pengertian Karya Seni Rupa


Berdasarkan Dimensi, karya seni rupa ini, dibagi menjadi dua yaitu ada yang berdimensi dua (2D) dan berdimensi tiga (3D). Karya seni rupa dua dimensi hanya memiliki 2 ukuran saja yaitu panjang dan lebar / panjang dan tinggi sedangkan karya seni tiga dimensi memiliki 3 ukuran yaitu panjang, lebar, dan tinggi atau sering disebut karya seni yang memiliki volume.

Berdasarkan Fungsi, karya seni rupa terdiri dari

  1. Karya Seni Rupa Murni

    Suatu karya seni yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikanya saja tanpa mempertimbangkan fungsi praktisnya.
  2. Karya seni rupa terapan

    Karya seni yang dibuat dengan pertimbangan utama untuk memenuhi fungsi praktis dan pembuatan karya seni rupa terapan ini umumnya melalui proses perancangan. pertimbangan aspek-aspek kerupaan dalam karya seni terapan berfungsi untuk memperindah bentuk dan tampilan sebuah benda serta meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Pengertian Karya Seni Rupa"

Back To Top